Michael Jackson: Pesona yang Tak Pernah Lekang oleh Masa

Siapa sih yang nggak kenal sama penyanyi yang satu ini? The King of Pop Michael Jackson begitulah dia sering disapa. Lahir dengan nama Michael Joe Jackson dari ayah Joseph Jackson dan ibu Katherine E. S., sejak kecil MJ memang telah dididik oleh ayahnya untuk menjadi penyanyi dan penari yang hebat. Maka nggak heran pas dewasa lagunya sangat laris dan penggemarnya sangat banyak. 

Terlahir dari keturunan kulit hitam, MJ mengawali karir menyanyi dan menari di The Jackson 5, 
sebuah grup musik yang terdiri dari beberapa keluarga Jackson, yaitu: Jackie Jackson, Tito Jackson, Jermaine Jackson, Marlon Jackson, dan Michael Jackson sendiri yang berdiri tahun 1968. Dari sinilah orang-orang mulai mengenal MJ dengan suara yang khas dan tarian yang tidak dapat ditandingi. The Jackson 5 dikontrak oleh Motown Records dan memiliki hitsnya, yaitu: ABC, I Want You Back, The Love You Save, I’ll Be There, dan Never Can Say Goodbye. Lagu-lagu hits tersebut kebanyakan dibawakan di acara The Ed Sullivan Show. Dan di umur segitu, dia juga udah punya banyak penggemar lho!

Pada tahun 1972 MJ dan The Jackson 5 mengeluarkan album yang berjudul Got to Be There. Album ini berhasil masuk urutam nomor 14 di Billiboard 200. Album ini sukses dengan hitsnya Rockin’ Robin dan I Wanna Be You Are. Di tahun yang sama, MJ kembali mengeluarkan album solo yang kedua berjudul Ben. Kalian tau nggak sih, kalo hits dari album ini yang berjudul Ben, mendapatkan urutan pertama di Billiboard Hot 100 dan lagu ini banyak dinyanyikan oleh penyanyi-penyanyi sekarang. Hebat kan, MJ! Setelah dua album itu, MJ juga mengeluarkan dua album solo di tahun-tahun berikutnya, seperti Music and Me (1973); dan Forever, Michael (1975).

Tahun 1976, The Jackson 5 menandatangani kontrak baru dengan CBS Records dan berganti nama menjadi The Jacksons. Sejak saat itu, The Jacksons mempunyai acara televisi sendiri lho... Dan kalian tau nggak sih kalau kebanyakan lagu yang dinyanyikan The Jacksons ditulis oleh Michael Jackson sama adiknya, Randy Jackson.

Album Off The Wall yang dirilis tahun 1979 merupakan album solo pertama MJ dengan lagu hitsnya Don’t Stop Till You Get Enough, Rock With You, dan Off The Wall.

Dekade 1980an mungkin menjadi tahun yang paling membanggakan bagi MJ, ada yang tau kenapa? Soalnya, di tahun ini dirilis album yang terlaris sepanjang masa yang berjudul Thriller. Banyak sejarah kesuksesan tercetak dari album ini. Mau tau apa aja?
1. Album ini menduduki puncak chart Billiboard 200 selama 37 minggu berturut-turut! WOW!
2. Album ini juga album pertama sepanjang sejarah MJ yang lagu-lagunya masuk daftar Billiboard hot 100 top single, termasuk di dalamnya Billie Jean, Beat It, dan Wanna Be Startin’ Somethin’.
3. Kamu tau nggak kalau di tahun 1982 ini, MJ adalah si kulit hitam pertama yang berhasil masuk MTV dengan tiga video klipnya, Billie Jean, Beat It, dan Thriller. WOW! Ini hebat banget! Kalau kamu tau, sebelumnya kulit hitam mendapatkan diskriminasi besar-besaran di AS, tapi MJ bisa membuktikan bahwa kulit hitam juga punya kesetaraan hak dalam hal apapun, salah satunya adalah berkarya. Hebat kan, MJ! ;)
MJ juga menjadi pionir promosi lagu dengan video klip. Bagi MJ, video klip adalah sarana untuk menyampaikan pesan sebuah lagu tersebut.
4. Di video klip Thriller, pertama kalinya MJ memperkenalkan tarian ala zombie yang sangat mengagumkan dan banyak ditiru penari-penari masa kini.
5. Di tahun 1983, MJ memperkenalkan tarian khasnya yaitu moonwalk di acara tv Motown 25. Tarian ini sebenarnya terinspirasi dari gerakan tarian penyanyi dan penari yang menjadi inspirasi MJ, salah satunya James Brown. Tarian inilah yang menjadi ikonnya Michael Jackson sepanjang masa :D
6. Di tahun 1984, Thriller mendapatkan 8 penghargaan Grammy untuk banyak kategori, salah satunya adalah Best Engineered Recording. MJ juga mendapatkan 8 penghargaan Grammy untuk banyak kategori, salah satunya Best R&B Vocal Performance. Total, ada 16 penghargaan yang dibawa pulang dalam waktu 2 jam! Dan sampai sekarang belum ada yang bisa mematahkan rekor ini lagi, lho!!
7. Masih belum selesai teman-teman! Penghargaan atas album ini tak berhenti sampai tahun 1984 saja. Album ini mendapai predikat best-selling albums karena terjual 50 juta kopi di seluruh dunia! Pada tahun 2006, Thriller masuk Guiness Book of World Records dengan kategori Biggest Selling Album of All Time. Kamu tahu nggak, ini bukan kali pertama MJ masuk Guiness Book of World Record, lho! MJ sudah berkali-kali mendapatkan rekor dan sudah masuk Guiness Book of World Records sebanyak 23 kali! WOW! Gila! Luar Biasa! Selain itu, masih banyak ratusan penghargaan lain yang diterima MJ.

Itulah album terlaris sepanjang masa, Thriller. Kamu tau nggak lagu-lagu hits dari album ini? Ada banyak, lho lagu-lagu dari album ini yang telah dinyanyikan dan dicover oleh banyak artis.

Tahun 1986, MJ resmi bersolo karir. Dia tidak lagi aktif di The Jacksons dan fokus untuk menggarap album barunya. Selain itu, di tahun ini kulit MJ yang sebelumnya adalah hitam perlahan-lahan berubah menjadi putih. Isu negatif pun tersebar, kalau MJ katanya operasi plastik agar menjadi putih.

Terlepas dari isu itu semua, ternyata perubahan kulit ini terjadi karena MJ mengidap penyakit kulit langka, yaitu vitiligo. Kalian tau nggak apa itu vitiligo? Vitiligo adalah sebuah penyakit kulit yang membuat kulit penderita terdapat bercak-bercak merah di sekujur tubuhnya. Hii serem ya! Makanya MJ sering menutupi beberapa bagian tubuhnya, salah satunya adalah tangan kanannya yang sering ditutupi dengan sarung tangan putih. Pengobatan vitiligo yang dipilih MJ ini menjadikan kulitnya itu putih. Tuh, jadi jangan salah lagi ya, MJ putih bukan karena operasi plastik, tapi karena vitiligo. :D

Oke,  cukup bahasan soal penyakitnya, sekarang kita beralih ke karir musiknya MJ lagi. Setelah lima tahun nggak mengeluarkan album lagi, akhirnya pada tahun 1987 MJ kembali mengeluarkan album berjudul Bad. Hits dari album ini adalah I Just Can’t Stop Loving You, Bad, The Way You Make Me Feel, Man In The Mirror, Smooth Criminal, dan Dirty Diana. Album ini diklaim sebagai salah satu dari 30 album terlaris sepanjang masa (dibawah Thriller) dengan penjualan 30-45 juta kopi di seluruh dunia. Di tahun 1987 ini pula, pertama kalinya MJ melangsungkan solo tur untuk pertama kalinya bertajuk Bad World Tour yang berlangsung selama dua tahun, yaitu tahun 1987-1989. Ketika tur ini diumumkan, tiket langsung habis dalam hitungan jam.

Selanjutnya, pada tahun 1991 MJ kembali mengeluarkan album solonya berjudul Dangerous. Album ini kembali meraih sukses sama seperti album sebelumnya dengan penjualan 30-45 juta kopi di seluruh dunia. Hits dari album ini adalah Black or White, Remember the Time, dan Heal the World. Pasti kalian semua tau kan lagu Heal the World? Ya, lagu ini adalah lagu perdamaian yang dibuat oleh MJ yang sampai sekarang masih sering didengungkan. Lagu ini juga menjadi inspirasi banyak orang, terutama tokoh-tokoh perdamaian dunia. Sebelum Heal the World, MJ telah banyak membuat lagu perdamaian lainnya. Di tahun 1985, bersama USA for Africa, MJ dan Lionel Richie menulis sebuah lagu berjudul We are the World, lagu yang masih laris hingga sekarang. Di era album Bad, Siedah Garrett dan Glen Ballard menulis lagu Man In The Mirror yang akhirnya dinyanyikan MJ di albumnya yang diproduseri oleh Quincy Jones.

Untuk promosi album ini, MJ melakukan tur yang bertajuk Dangerous World Tour. Menurut sebagian besar MJ Fam, tur ini adalah tur terbaik sepanjang sejarah MJ! Ada yang tau kenapa? Karena tur ini menggunakan banyak teknologi pendukung yang banyak dan watt listriknya cukup tinggi, sampai-sampai bisa diibaratkan kalo MJ konser di Jakarta, maka semua listrik di Jakarta akan padam karena kebutuhan konser tersebut. WOW, ternyata luar biasa ya! MJ juga melakukan atraksi berbahaya di akhir konsernya, yaitu terbang mengelilingi stadium tempat konser dengan jetpack.

Namun, sangat disayangkan beberapa konser setelah September 1993 harus dibatalkan termasuk konser di Indonesia. Tentu ini sangat disayangkan. Kalian tau nggak kenapa tur-tur itu harus batal? MJ tersandung kasus pelecehan anak. Walaupun itu hanya tuduhan dan MJ tidak dinyatakan bersalah, tapi MJ sempat jatuh sakit karena terlalu pusing memikirkan masalah ini sampai harus masuk rumah sakit dan menyebabkan turnya dibatalkan. Setelah kasus itu selesai, pada tahun 1994 MJ untuk pertama kalinya menikah dengan Lisa Marie Presley, putri tunggal dari king of rock n’ roll, Elvis Presley.

Pada tahun 1995, MJ mengeluarkan album HIStory, yang 15 lagu di album tersebut adalah kompilasi hits dari album sebelumnya dan 15 lagu lainnya adalah lagu baru. Album ini telah terjual 20 juta kopi (40 juta unit) di seluruh dunia. Lagu-lagu barunya adalah Scream (feat. Janet Jackson), They Don’t Care About Us, Stranger In Moscow, Earth Song, dan banyak lagi.

Di tahun 1996, MJ cerai dari istri pertamanya dan melangsungkan HIStory World Tour. Tur yang dimulai di Prague ini berlangsung di 58 kota dengan lebih dari 4,5 juta fans dan meraup keuntungan $ 165.000.000. Hal ini menyebabkan MJ menjadi artis yang paling sukses dalam hal penonton. Di sela-sela turnya, pada saat tiba di Sydney, Australia, MJ melangsungkan upacara pernikahannya dengan seorang perawat bernama Debbie Rowe. Tur ini memang hebat. Tapi, tahukah kamu kalau ini adalah tur terakhir MJ sepanjang masa? Kenapa ini tur terakhirnya? Karena setelah itu, MJ batal melakukan tur-tur yang telah direncanakan.

Di tahun 1997, Sony merilis HIStory on Film, Vol. 2 yang berisi kumpulan video klip terbaik MJ dan video klip baru. Kalian tau nggak sih, kalau salah satu video klip MJ yang berjudul Scream (duet dengan adiknya, Janet Jackson) adalah video klip termahal di dunia! Pembuatannya saja memerlukan biaya US$ 7 juta atau setara dengan Rp 67,4 milyar! WOW Gila! Ini baru video klipnya, lho! Duit dari mana ya segitu gedenya? Mungkin ada hujan uang pas itu trus dikumpulin deh buat bikin video klip :v Haha enggak lah, yang pasti, ini bener-bener gilakk!

Dari pernikahan dengan Debbie Rowe, MJ memiliki dua anak, yaitu Prince Jackson (lahir 13 Februari 1997) dan Paris Jackson (lahir 3 April 1998). MJ dan Debbie Rowe bercerai pada tahun 1999.

Pada 7 dan 10 September 2001, MJ melangsungkan konser Michael Jackson 30th Anniversary Special di Madison Square Garden di New York. Konser ini diisi oleh teman-temannya, seperti  Whitney Houston, Mya, Usher, Slash,  dan yang tak kalah menariknya, MJ kembali tampil bersama The Jacksons setelah kurang lebih 17 tahun tidak tampil bersama.

Beberapa saat setelah itu, MJ mengeluarkan solo albumnya, Invincible. Album ini sempat laris di pasaran, namun tidak laris seperti album-album sebelumnya. Ooow, ini sayang banget. Kenapa? Karena kurangnya promosi, dan Invincible World Tour yang telah direncanakan batal dilaksanakan karena perselisihan dengan label rekamannya, Sony Music Entertaiment. MJ berpendapat bahwa Tommy Motolla, bos Sony saat itu, dia lebih memilih penyanyi pendatang baru ketimbang MJ yang sudah lama berkarir. Akhirnya, karena perselisihan itu, album Invincible berhenti dipromosikan di bulan kelima dan MJ keluar dari Sony.

Setelah perselisihan itu, tanpa Sony, MJ mengeluarkan album kompilasi Number Ones yang memuat lagu baru One More Change. Tapi, sayangnya di tahun 2003 saat album itu dirilis, MJ kembali terkena kasus yang sama seperti tahun 1993. Lagi-lagi MJ tidak bersalah, namun ini berakibat pada reputasinya si MJ itu sendiri. Karena akhirnya setelah itu pemberitaan yang buruk tentang MJ bermunculan dan menjatuhkan namanya. Namun, sebenarnya MJ tidak bersalah. Itu semua hanya tuduhan-tuduhan orang-orang yang ingin uangnya MJ karena MJ adalah seorang superstar yang banyak uangnya, kalau mau berhenti kasusnya mereka bisa minta uang berapa aja sama MJ.

Setelah lama banget nggak kedengeran, akhirnya MJ comeback pada tahun 2009. Ia bermaksud melangsungkan konser terakhirnya sepanjang karirnya sebagai penyanyi. Konser yang bertajuk This Is It ini direncanakan akan dilaksanakan pada Juli 2009-Maret 2010 di New York. Konser ini sebenarnya diperkirakan akan menjadi konser terbaik sepanjang masanya MJ karena menggunakan teknologi yang sangat banyak, bahkan lebih banyak daripada Dangerous World Tour. Namun, siapa yang menyangka, ternyata pada 25 Juni 2009, tepat delapan hari sebelum konser itu dimulai, MJ menghembuskan nafas terakhirnya akibat cardiac arrest. Namun, setelah otopsi, MJ dinyatakan wafat karena keracunan obat-obatan racikan dokter pribadinya sendiri.

Ya, kematian MJ tentu membuat para fans diseluruh dunia kaget, termasuk di Indonesia. Kematian MJ ini sangat disayangkan, kenapa MJ pergi secepat ini? Tentu kalian para fans MJ juga sedih. Banyak yang tidak percaya atas kematian MJ ini. Namun, ingatlah bahwa seorang legenda tidak pernah mati.

Setelah kematiannya, ternyata ada “harta karun” peninggalan MJ, yaitu berupa lagu-lagu yang belum dirilis sepanjang hayatnya MJ. Akhirnya, Epic Records bersama Sony Music Entertaiment dengan izin The Estate of Michael Jackson (yang masih dibawah haluan Sony) merilis lagu-lagu tersebut. Dimulai dari lagu This Is It yang dirilis pada tahun 2009. Dilanjutkan dengan album Michael yang dirilis tahun 2010 yang menghasilkan tembang hits Hold My Hand (feat. Akon) dan Hollywood Tonight. Dilanjutkan dengan album Xscape yang dirilis tahun 2014. Meskipun ini lagu-lagu lama, tetap saya lagu-lagu ini sangat bagus. Banyak anak muda masa kini yang menggemarinya, salah satunya lagu Love Never Felt So Good yang ditulis tahun 1982 dan baru dirilis tahun 2014 kemarin. Lagu yang bertemakan percintaan ini memang sangat bagus dan banyak dinyanyikan oleh artis muda sekarang. Memang, pesona seorang legenda tidak akan pernah lekang dimakan waktu.

MJ adalah orang hebat. Selain dia adalah seseorang yang menjunjung tinggi perdamaian, ia juga banyak mendapatkan penghargaan, diantaranya: 14 Grammy Awards, 26 American Music Awards, 7 Brit Awards, 16 World Music Awards, 35 Billiboard Awards, dilantik ke Hall of Fame dua kali, 31 World Record, 18 International Awards, dan masih banyak 792 penghargaan lainnya. MJ juga merupakan pelopor industri musik modern dunia. MJlah yang pertama kali menggunakan penari latar dalam konsernya. MJlah yang pertama kali menggunakan layar besar di kiri kanan panggung saat konser. Dan MJ juga lah yang pertama kali memadukan konsep film dan lagu dan secara tak langsung menginspirasi banyak musisi dunia.

Oke, cukup bincang-bincangnya tentang Michael Jackson. Dan hari ini, tepat 57 tahun yang lalu, seorang legenda lahir ke dunia ini. Hari ini adalah ulang tahun ke-57 Michael Jackson! Happy Birthday Michael Jackson! I know, you are still with us, God bless you :) 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Stand Up Comedy Indonesia Season 6 - Let's Make Laugh!

Sinisme Komedian (By: Dzawin Nur Ikram)