Sinisme Komedian (By: Dzawin Nur Ikram)

Ini bukan tulisan asliku, tapi ini kutipan dari materi stand up comedynya bang Dzawin yang tampil di Hotel Santika Pekalongan tanggal 23 Desember kemarin. Menurut aku materi ini sangat menarik, makanya aku kutip di sini. Karena ini materi stand up comedy, jadi ada unsur komedinya, jadi mohon dimengerti. Ini transkripnya, moga-moga bermanfaat, kalo ada satu kata aja bahkan kalo banyak kata yang ilang tolong saya jangan dipenjara ya :D #eh
Sinisme Komedian

Kelihatannya jadi stand up comedian itu enak ya, padahal enggak. Biasanya orang yang ngomong kayak gitu itu orang yang nggak kenal sama kita. Karena memang biasanya stand up comedian itu kerjanya dikit tapi stressnya banyak. Penyakit utama komedian itu depresi men, Robin William itu bunuh diri karena depresi. Komedian itu, apa ya, ah enak enak, ya enak tapi depresinya juga banyak gitu. Kadang gue mikir gini men, komedian itu kayak badut. Komedian itu kayak badut. Bikin orang tersenyum, bahagia, tertawa, tapi dibalik kostum itu ada orang yang nahan panas, kayak Tingky Wingki. Ada yang pernah lihat Tingky Wingky nangis? Nggak ada! Nggak ada Tingky Wingky nangis karena apa? karena dia kakak tertua malu sama Po. Nggak pernah nangis makanya.

Tapi gini kawan-kawan, ada satu kata klise, kayak gini nih, "Berbakti lu sama orang tua, berbakti sama bapak, nanti nyesel lo kalo udah meninggal." Tapi gue mikirnya alah apaan sih, biasa aja, apaan sih, ah biasa aja. Tapi itu akhirnya kerasa ketika bokap gua meninggal. Itu baru kerasa nyeselnya. Nyesel banget kalo nggak percaya cobain deh. Ini tuh salah satu dari sinisme komedian, maksudnya, betapa kadang-kadang setiap pekerjaan itu punya resiko. Ya. Hari selasa. Hari selasa itu, bokap gua meninggal, Sedih rasanya. Cobain dong, seru. Belum lulus, belum dapet gelar S.Pd., udah dapet gelar yatim. Yaahh.

Gua tu dulu hari selasa, gua ditelpon siang-siang, "Win, pulang win, si ayah jatuh, masuk ICU." Soalnya bokap gua emang udah stroke ya, jatuh langsung masuk ICU, sebelum masuk kubur.Jadi gua ditelpon sama abang gua, itu gua langsung deg-degan, itu gua langsung disuruh pulang tapi gua nggak bisa pulang soalnya sorenya gua udah tanda tangan kontrak buat tampil stand up di Kompas TV. Bayangin men, siangnya gua ditelpon, bokap gua sakit masuk ICU, gua nggak bisa pulang karena malemnya gua harus bikin orang ketawa. Gua harus bikin orang ketawa disaat hati gua menangis. Tapi ya, penonton nggak mau tau, ya, dia taunya yang penting lucu. yang tau siapa? Ya gua aja. Ya di panggung ya gua main drama turki, ya di panggung gua bukan gua tapi pas turun gua nangis. Sampe pulang ke rumah, liat bokap gua masuk ICU, iih, itu kayak di film-film. Dicolok-colok, ada tenenet tenenet, ciluling ciluling, cilulit cilulit (alat monitor pasien ICU), gua baru liat, keren ternyata. Dan gua, Ya Allah gua liat bokap gua itu kabel dimana-mana, pake kateter, tau nggak kawan-kawan? Kateter itu selang, yang dimasukin ke lubang p**** belum kabel-kabel makanan, kabel-kabel selang udara, itu banyak banget kabelnya Ya Allah. Maksudnya gua sedih karena gua nggak sempet menemani bokap gua waktu dicolok-colok dokter gitu, sedih men. Maksudnya gua dateng, sedih gua nggak bisa menemani bokap gua. Gua takutnya bisa aja kan dokternya salah, iseng (Dzawin mempraktikkan dokter salah nancepin kabel, ke mata) ya bisa aja dia iseng kan. Dan akhirnya, gua nemenin, nemenin gitu sampe hari Jumat. Dan luar biasanya hari jumat itu masih di ICU. Hari jumat gua pergi ke Makassar buat pergi stand up lagi. Lagi-lagi hal yang sama, tapi ya penonton nggak mau tau. Pulang dari Makassar hari jumat malam, Sabtu pagi itu bokap gua, beh turun semuanya. Apa, gulanya turun, darahnya turun, jantungnya turun, beh jantungnya turun sampe sini (nunjuk ke kaki), turun semuanya kan makanya Sabtu job gua cancel. Setelah itu satu minggu job semua udah kontrak gua cancel bodoamat memang pada saat itu gaada job juga sih. Nggak nggak sih, itu ada dua tv ada RCTI sama Metro TV bodo amat gua cancel mau denda juga gimana gua takut ntar pas gua stand up bokap gua meninggal itu nyesel seumur hidup. Gua cancel semuanya.

Hari Sabtu gua cancel, hari Minggunya bokap gua meninggal. Ya Allah. Itu dalem ati gua tuh "Ya Allah, udah kagak dapet duit bokap gua meninggal Ya Allah, jahat amat Ya Allah." Ampe yah, sampe pas bokap gua meninggal tuh jadi gua sama abang gua tu pas di ICU kita rollingan. Rollingan jadi kalo gua jaga siang abang gua jaga malem atau sebaliknya abang siang gua malem. Trus gua lagi pulang rollingan siang-siang di rumah, pas sampe rumah tiba-tiba dia telpon "Ayo ini ke rumah sakit dokter manggil" Trus akhirnya untung yang manggil dokter ya bukan Allah, gua sama abang gua bawa mobil, pas di mobil gua yang nyetir tiba-tiba abang gua baca sms tiba-tiba ngomong Innalillahi. Itu pas di mobil itu gue diem aja tuh. Gua takutnya pas gua iyain gua tanyain kenapa gua nimpalin gua was was was was ngebut nabrak meninggal ilang lagi keluarga, Repot ini. Masak sehari keluarga ilang tiga. Akhirnya gua puter balik, puter balik set mobil was was gua taruh di ruko. Gua taruh di ruko gua tinggal mau ilang bodo amat. Mobil bisa beli lagi bokap gabisa. Kalo bokap bisa beli lagi sih bodo amat. Trus balik lagi gua lari set cari ojek. Nyari ojek trus naik ojek set gua jalan jalan jalan pas jalan gua baru nangis. Gua nangis di ojek tuh aneh, mana macet, ada orang liat kan whehehe (mraktekin orang nangis, sory kalo aneh tulisannya bingung ini mah mau ditranskrip gimana) wah kenapa ini kan aneh. Jadi kaya momen romantis di FTV. Jalan set set set set jalan sampelah kita di rumah sakit. Pas dirumah sakit pas gua jalan turun gua langsung lari ke ICU pas gua lari tukang ojeknya teriak "Mas mas belom bayar!" astagfirullahaladzim merusak suasana anjing banget aahh udah bayar bayar ah demi Allah itu mah merusak suasana beneran dah. Ada lagi nih sedih-sedih jadi kesel gua.

Trus akhirnya gua masuk kan dengan perasaan kesel, masuklah ke ruangan ICU dan untuk pertama kalinya gua melihat bokap gua terbujur tanpa nyawa. Dan orang yang sudah meninggal itu beda lo warna kulitnya. Warna kulitnya itu lebih kuning. Nggak tau kenapa. Untuk pertama kalinya liat bokap gua jadi mayat tu rasanya campur aduk kayak nano nano beneran. Ada marah, ada sedih, ada takut, ada lega,leganya itu karena bokap gua udah lama banget di ICU, 7 hari, 5 hari sorry, 5 hari di ICU, itu waktu yang lumayan panjang lo. Selama perputaran ini, perputaran rotasi pergantian pemain di sana, apa, pasien itu gonta-ganti bisa tiga sampe empat. Jadi tiga sampe empat orang meninggal setiap harinya di ICU. Bokap gua 5 hari cuy disitu. Iih itu mah ni ya di sana meninggal 4 orang kalo kita kesana tuh Ya Allah Malaikat Izrail astagfirullahaladzim jadwalnya padet banget. Jadi kalo liat malaikat di sana uh ribet tuh (nyabut) yang ini yang ini mana lagi mana lagi yoo, mungkin lagi jalan "Aduh ini dicabut apa enggak ya cabut apa enggak ya cabut apa enggak ya", (dijawab) "Jangan dong malaikat, ntar dulu anak saya belom dateng", (malaikat), "oo yaudah yaudah yaudah... eh bercanda iihh (dicabut)." Beneran men. Dan bokap gua 5 hari disitu dan 5 hari itu waktu yang cukup panjang di ICU. Cukup panjang beneran. Bokap gua di ICU tu ibarat senior men. Ih beneran. Itu tuh yang lagi tiduran kasurnya disamping disuruh-suruh sama bokap gua "Eh ambilin oksigen!" Dan, Ya Allah itu rasanya campur semua, pertama nggak percaya, itu pertama dateng, gua nggak percaya, gua jatoh, lemes, jongkok, abang gua berdiri, akhirnya abang gua nangis, pertama kalinya gua liat abang gua nangis, trus gua pegang bokap gua dan bedanya mayat sama orang hidup itu kalo orang hidup dipegang badannya nggak goyang kalo mayat dipegang kakinya badannya goyang. Akhirnya gua bilang "Belom meninggal ini mah, tuh badannya goyang-goyang." Trus gua goyang-goyang lagi "Belum belum meninggal." Cobain lagi "Belum belum" Beneran gitu, kalo nggak percaya cobain deh ntar, seru seru. Dibawalah ke ambulans. Sampai ambulans gua belum percaya, demi Allah gua nggak percaya bokap gua mati. Duduk aja (dalem hati), "Belom meninggal, nih goyang-goyang" Ada polisi tidur, wiih set (goyang), "Belum belum meninggal." Sampe rumah udah rame, (dalem hati), "Ah ini ada hajatan mah ada hajatan." Sampe akhirnya gua percaya pas dimandiin. Pas dimandiin gua ikut mandiin, gua percaya soalnya pas airnya masuk ke mulut itu bokap gua nggak kesedak, (dlaem hati) "Udah udah mati" Akhirnya gue ikhlas gitu ya, ya gabisa ikhlas juga si, ya pokoknya harus gitu lah. 

Dan luar biasanya budaya kita, kita ada tuh budaya tahlilan. Awalnya gua mikir dari budaya tahlilan itu ada yang salah dari budaya tahlilan. Karena gini kawan-kawan, gua ngerasain bokap gua meninggal, satu keluarga shock gua nangis setiap hari, shock nggak percaya, tapi dengan adanya tahlilan, gua pengen nangis nih, bokap gua meninggal, di hari yang bersamaan gua ngundang orang gua kasih makan, an***g nggak?! Gua sedih loh, orang dateng gua kasih makan, harusnya elu yang dateng kasih makan gua, ngehibur gua, kenapa gua yang ngehibur orang?! Gua kapan senengnya?! Ya, gua harus kasih makan orang ketika gua menangis! Udah mah, bikin orang ketawa, ngasih orang makan juga, an***g. Sinis gua, Ya Allah, ini budaya salah budaya salah. Awalnya gua ngomong gitu men tapi selama 7 hari orang orang dateng mereka ngasih uang ngasih uang ngasih uang selama 7 hari gua abis sekitar 4 juta tapi dari kumpulan orang yang ngasih uang terkumpul jadi 11 juta, wow ternyata untung 7 juta! Woow! Bisa balik modal! Aku bisa menjadi EO yang baik! 

Begini kawan-kawan, pas hari ketujuh di Bogor budayanya adalah baju-baju orang yang meninggal itu akan dikasih ke orang-orang lain, trus Uwak gua ngomong "Win mau nggak baju si ayah, kenang-kenangan buat terakhir.." Gua bilang, "Nggak wak, nggak usah, disimpen aja, daripada dipake trus keingetan mulu, kapan lupa sedihnya?" (Uwak), "Gimana tuh kalo nggak dikasih? Mau dikasih ke siapa?" (Dzawin), "Yaudah kasih aja ke anak yatim," (Uwak), "Ya kan kamu anak yatim sekarang!" (Dzawin), "Astagfirullahaladzim iya ya, duh si ayah pake meninggal lagi, yaudah kasih aja ke yatim senior!" beneran tuh gua ngomong begitu. 

Uniknya, pas bokap gua mau dianterin ke kuburan, kan nganterin semuanya, dibawa gitu kan di keranda, pas ngangkat keranda itu ada sekitar 8-9 orang, dan ternyata keranda itu Allahuakbar beratnya luar biasa! Gua sempet mikir Ya Allah bapak gua dosanya sebanyak apa, tapi ternyata emang besi keranda itu besi padat yang berat gitu. Jalan set sampe kuburan. Ditaroh. Gua diem aja. Abang gua diem. Trus orang ngegali, digali, digali, digali, akhirnya pas digali, gua disampingnya, gua masuk ke dalem kuburan, dan demi Allah kawan-kawan nanti lo nyobain masuk ke liang lahat, ih taubat. Taubat. Inget Tuhan! Liang lahat tu ukurannya 1 x 2 meter, dalemnya 1 meter, dalemnya 2 meter, di dalemnya ada 1 buat ngadep ke kiblat dan gua suatu hari akan ada di sini nih. Wah, ps gua di kost-an nggak kebawa nih, sempit banget! Tapi beneran kawan-kawan, masuk liang lahat, tobat beneran tobat! Ketakutan Ya Allah ntar suatu hari gua juga di sini. Pas naik, lupa. Di sini doang ingetnya, pas naik lupa. 

Jadi pas di liang lahat, ada 3 orang disitu, ada ustad di bagian kepalanya, yang megangin buat ke bawah, gua di bagian kakinya, abang gua di bagian keuangan, nggak nggak dibagian badan trus ditaruh, set. Ditutupin pake papan, papan, papan, papan, trus dikasih daun pisang. trus baru kita nai ke atas. Trus, Ya Allah pertama kalinya nih, tanah pertama ditaroh nih, gua pengen tendang mukanya yang megang cangkul. Beneran pengen gua tonjok loh. Anjrit bokap gua. Bokap gua dikubur. Tanah lho. Kubur satu-satu. Set set. Bokap gua tuh. Aduhh gimana, tapi udah meninggal, dikubur-dikubur, trus si anak ketawa*. (Tiba-tiba waktu menyampaikan materinya, ada penonton yang bawa anaknya, balita sih kayaknya, dan ketawa-ketawa sendiri. Nggak cuma sekali, tapi berkali-kali sampe diimprov di materinya, liat aja nanti kebawah-bawah kalo ada tanda bintang itu bagian dari improvisasinya) Ada orang meninggal seneng dia. Waktu tanah pertama itu beneran dah, bokap gua dikubur! Trus anaknya ketawa!* Itu kayak, ah ntar lu bakal.. Ntar kayak, ada yang ketawa-tawa, ketawa-tawa aja terus* Pas dikubur, tanah pertama, oh ketawa lagi nih*, nggak ada solatip apa (buat nutup mulutnya)? Dek belom ngantuk dek? Wah adek nyusahin kerja kakak* (Penonton tertawa terbahak-bahak lalu bertepuk tangan) Ini lagi cerita lo ya, lagi dongeng. Diem dong, dek.* Ah, liat anak-anak jadi pengen bikin gua. Jadi kawan-kawan, eh udah sembuh kamu? Udah sembuh dek?* Tadi sampe mana ya, sampe tuh bocah bisa diem nggak?* Waktu tanah pertama tu hati rusak, demi Allah gua pengen nonjok orang yang masukin tanah pertama (dalem hati), "Maksud lo apaan ngubur bokap gue?" Karena gua sempet ada pikiran bokap gua masih hidup trus dikubur hidup-hidup. Akhirnya dikubur kubur kubur, sedih liatnya. Nggak nangis, tapi miris aja liatnya. Bapak sendiri dikubur di tanah, biasanya kita liat di tv kan ya.. Dikubur, dikubur, diurug, diurug, Huh, kelar, trus, (anak yang tadi tiba-tiba teriak sendiri) ada anak ketawa aaaa!* Ada pacul nggak? Pacul?!* Udah dikubur kan, trus gua jongkok, (adek ketawa) walaupun ada yang ketawa gua jongkok*, gua jongkok di pinggirnya, trus ada istilah dalam agama (Islam) tujuh langkah orang terakhir itu malaikat dateng akan nanya-nanya yang dikubur akan dapet siksa kubur atau sebaliknya (nikmat kubur). Nanya-nanya kan, untung waktu nguburin udah gua kasih contekan di leher bokap gua. Jadi pas ditanya malaikat, "Man Rabbuka?" (bokap) "(Untung anak gua udah ngasih) Allah!" Jadi tujuh langkah orang terakhir tuh (adek ketawa lagi) anak ketawa* Tujuh langkah orang terakhir tuh malaikat akan datang nanya-nanya. Sempet terpikir di pikiran gua, karena gua saking stressnya gua mikir ini mungkin akan mengurangi beban bokap gue selama 1 jam atau 2 jam dan ini mungkin bisa menjadi bakti terakhir gua. Jadi, ketika orang-orang lain pergi gua tetep di pinggirnya, udah duduk aja, duduk aja. Jadi, udah pada pergi gitu. Jadi ini mungkin bisa jadi bakti terakhir gue mengurangi siksa kubur bokap gua selama satu jam. Gua beneran mikir gitu. Beneran duduk aja, nggak ngapa-ngapain, kayak orang stress emang, kayak orang goblok. Sampe akhirnya bokap gua dateng, eh kok bokap gua. Tiba-tiba uwak gua dateng, nyamperin, "Win, ikhlasin atuh si ayahnya,kamu kalo nggak ikhlas itu si ayah nanti susah di akhirat, ikhlasin ya" Trus gua bilang, "Nggak wak, ini ngurangin beban siksa kubur si ayah, biar malaikat nggak dateng satu jam aja" Si uwak gua udah ngertilah orang lagi sedih kan, "Bukan gitu kang, kamu mah harus iklhas, itu kasihan tuh malaikatnya kesel nunggu" Malaikatnya "Aduh si Dzawin mah lama banget neeh maksudnya apa neeh si Dzawin, masih lama kagak neeh?? Udah cukup sekian nama gua Dzawin.

***
Finally selesai juga nih tulisan. Tulisan yang bener-bener panjang banget sampe 3 hari sendiri nulisnya. Jujur aja, aku seneng banget liat bang Dzawin hari itu. Dia bisa bawain materi yang sensitif buat sebagian orang dengan cara yang bener-bener komedik banget, jadi ngehibur gitu kesannya. Disinilah dia menampakkan sisi lain seorang komedian yang kayak badut. Dia harus bikin orang ketawa, bikin orang seneng, walaupun dia kepanasan di dalem kostum badutnya. Bang Dzawin bener-bener berhasil banget bikin penonton ketawa sampe kehabisan napas, pecah deh pokoknya. Kayaknya, udah saatnya nih bang Dzawin punya world tour. Thanks a lot!

Bang Dzawin usil banget diajak foto meluk-meluk, yang kanan ngiri tuh :v

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Stand Up Comedy Indonesia Season 6 - Let's Make Laugh!