Tertekan

Halo!! Berjumpa lagi dengan saya, Rayhan Fasya!! (plok, plok, plok) Oke, oke, makasih. (plok, plok, plok) Oke, oke, cukup cukup (plok, plok, plok). Diam!!!! (dor!!!!) Oke, sekarang aku akan bahas tentang tertekan. Apa itu tertekan? Hmm... menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, tertekan itu adalah... tertindih; terlindas: para petani ternyata sangat merasa ~ oleh ulah para tengkulak itu; 2 tidak sengaja menekan; dapat ditekan; sudah ditekan. Dan, beginilah contohnya:



Seseorang baru saja diputusin sm pacarnya (oowww...). Tiba-tiba, di rumahnya, datang orang yg sangat dia benci (owww....) kenapa dibenci? soalnya dia egois, semua2 hrs dipegang sm orang itu. Udh kedatengan org yg dia benci, trus dateng seorang reternir nagih utang ayahmu. Nah, krn gk dibayar, salah satu anaknya hrs ada yg dibawa sm reternir itu utk jadi jaminan, maka anak yg tdi mbukain pintulah yg dibawa (oww...)

Ya.. kasian bukan? Udh diputusin pacar, dateng org yg dibenci, dan dibawa reternir. Mengheningkan cipta, dimulai... (jrenggg...) Okelah. Itulah contoh kondisi orang yg sedang tertekan. Ibarat peribahasa yg mengatakan sudah jatuh ditimpa tangga (sakit gk ya? sakit lah... mau nyobain? mau, mau!)

Trus, apa ciri-ciri orang yg tertekan?
Hmm... menurut blog ini, ada 11 ciri-ciri org tertekan:
  1. Punya masalah dengan para guru.
  2. Memerlukan banyak waktu untuk tidur–atau tidak bisa tidur nyeyak.
  3. Ingin makan sepanjang waktu.
  4. Sakit kepala, sakit perut, flu, infeksi, pegal-pegal.
  5. Perilaku ingin melarikan diri–terlalu banyak melakukan aktifitas tertentu (TV, musik, belajar, tidur, main internet) dan tidak mengacuhkan hal-hal lain.
  6. Menjauhkan diri dari keluarga dan teman-temanmu.
  7. Menangis karena sebab yang tidak jelas.
  8. Merasa seperti orang bodoh.
  9. Merasa capek dan gelisah; selalu merasa khawatir
  10. Merasa bahwa semuanya sudah lepas kendali–seakan-akan kamu sudah lepas kendali.
  11. Depresi, sedih, malas, dan lainnya.

Dan, bagaimana cara mengatasinya??
Hmm... menurut blog yang saya baca, ada beberapa cara mengatasi orang tertekan, yaitu:

  1. Kenali hal-hal yang dapat memicu stres dan lakukan sesuatu untuk mengatasinya. misalnya : stres karena selalu gagal memenuhi tuntutan kerja, atasi dengan memperbaiki manajemen waktu, stres karena lingkungan yang tidak sesuai, atasi dengan memperbaiki pergaulan dan berusaha lebih terbuka dengan orang lain.
  2. Bicarakan keadaan atau kesulitan yang sedang kita hadapi pada orang lain yang kita percaya. Dengan berbagi cerita atau kesulitan kita kepada orang lain akan mengurangi stres yang kita rasakan. Selain karena didengarkan, sering kali dengan bercerita kita akan mendapatkan masukan terhadap permasalahan yang sedang kita alami, sehingga solusi yang kita cari dapat kita temukan. Atau hanya sekedar mengetahui bahwa masalah seperti itu bukan hanya kita yang alami, sehingga timbul rasa optimisme dalam diri kita.
  3. Selalu berfikir positif, ingatlah bahwa kemampuan atau kesuksesan kita mengatasi masalah-masalah sulit dimasa lalu yang menjadikan kita masih bertahan di masa sekarang. Selain itu dengan berfikir positif akan membuat kita lebih bijak dalam menghadapi permasalahan yang ada.
  4. Lakukanlah kegiatan-kegiatan kecil yang bersifat menghibur diri kita untuk menghilangkan rasa tertekan, misal jika kita banyak aktifitas atau kegiatan yang padat lakukanlah kegiatan kecil (meregangkan badan) sebagai selingan.
  5. Perbanyak minum air putih akan membantu menghindari dehidrasi dan dapat meningkatkan kemampuan otak untuk mengatasi stres yang sedang kita alami.
  6. Lebih mendekatkan diri kita kepada-Nya. Banyak cara yang dapat kita gunakan untuk mendekatkan diri kita kepada-Nya, seperti : berdzikir, berdoa, sholat, beramal, dan lain-lain. Kalau dengan bercerita kepada orang lain belum merasa cukup, berceritalah kepada Tuhan mu, utarakan semua yang menjadi keluh kesahmu dan selalu berpasrah diri kepada ALLAH Yang Maha Kuasa dan Maha Penyayang dengan bertawakal.

Okelah, itu saja postingan blog saya, jangan lupa nantikan trus pembaharuan dari blog yg sederhana ini, dan..... sampai jumpa!!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Stand Up Comedy Indonesia Season 6 - Let's Make Laugh!

Sinisme Komedian (By: Dzawin Nur Ikram)